Pemilihan Ekstrakurikuler Tahun Pelajaran 2023 - 2024

Ayooo Pilih Ekstrakurikuler!!!!

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan pengembangan diri yang dapat diikuti peserta didik berdasarkan minat dan bakat yang dimiliki. Kegiatan ekstrakurikuler di SMP BOPKRI 3 Yogyakarta terdiri dari ekstrakurikuler wajib dan pilihan.

Ekstrakurikuler wajib yaitu kegiatan Pramuka. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang harus ditempuh oleh peserta didik kelas 7 dan 8. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler pilihan terdiri dari 14 kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dipilih oleh peserta didik kelas 7 hingga 9.

Peserta didik kelas 7, 8 dan 9 memiliki kewajiban untuk mengikuti minimal 1 ekstrakurikuler pilihan diluar ekstrakurikuler wajib. Sedangkan jumlah maksimal dalam keiikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler dapat disesuaikan dengan kemampuan dan komitmen peserta didik serta jadwal pelaksanaan yang sekiranya dapat ditempuh oleh peserta didik tanpa mengurangi waktu kegiatan belajar pokok serta sosialisasi dengan keluarga maupun teman.

Pemilihan kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan sekali dalam satu tahun pelajaran dan akan dievaluasi keikutsertaannya pada setiap semester melalui laporan perkembangan kegiatan ekstrakurikuler yang tertuang dalam buku laporan hasil belejar peserta didik.

Partisipasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dapat dilakukan melalui 2 (dua) jalur partisipasi yaitu minat dan bakat. Jalur minat merupakan jalur mandiri dimana peserta didik dapat mengikuti/memilih kegiatan ekstrakurikuler sesuai minat/ketertarikan peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler. Jalur bakat merupakan jalur penelusuran bakat yang dilakukan oleh sekolah berdasarkan bakat/potensi pengembangan yang dimiliki oleh peserta didik.

Halaman ini merupakan halaman pemilihan ekstrakurikuler jalur minat dimana peserta didik dapat memilih kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat/ketertarikan yang dimiliki.

Pemilihan ekstrakurikuler dilakukan mulai hari Sabtu, 29 Juli 2023 sampai dengan Senin, 31 Juli 2023. Peserta didik diharapkan dapat berkonsultasi dengan orang tua/wali dalam proses pemilihan kegiatan tersebut.

Adapun gambaran jadwal pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler adalah sebagai berikut :

Kegiatan ekstrakurikuler hari Jumat dikhususkan untuk kegiatan Pramuka yang dilaksanakan dalam 2 sesi. Sesi 1 pukul 13.00 - 14.30 WIB dan sesi kedua pukul 15.00 - 16.30 WIB. Kedua sesi tersebut akan digunakan secara bergantian setiap minggunya untuk kelas 7 dan 8, contoh minggu ke 1 kelas 7 sesi 1, kelas 8 sesi 2 maka diminggu berikutnya kelas 8 sesi 1 dan kelas 7 sesi 2.

Kegiatan ekstrakurikuler akan dimulai pada minggu kedua bulan Agustus 2023, sebagai persiapan kegiatan tersebut, maka perlu dilakukan kegiatan pemilihan ekstrakurikuler.

Pemilihan ekstrakurikuler dapat dilakukan melalui tautan dibawah ini :

Pemilihan kegiatan ekstrakurikuler

 

Semangat memilih dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Ayoo kita ukir prestasi bersama sekolah inspirasi!

-Kesiswaan SMP BOPKRI 3 Yogyakarta-

© Copyright Citraweb Digital Multisolusi All Rights Reserved. Designed and Developed by Developed by Citraweb