Berita

SMP BOPKRI 3 Yogyakarta Ikut Kirab Unduh-unduh Hari Pentakosta GKJ Maguwoharjo

Senin, 27 Mei 2024 / Berita

SMP BOPKRI 3 Yogyakarta adalah sekolah yang mengedepankan proses dalam pembelajaran. Pengalaman belajar sangat diutamakan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Seperti kegiatan yang diikuti pada Minggu (19/5/2024) yaitu kegiatan kirab Riyaya Unduh-Unduh dalam menghayati Hari Pentakosta di GKJ Maguwoharjo.

Kirab unduh-unduh merupakan perayaan rasa syukur atas berkat dan karunia Tuhan kepada umat manusia. Kirab dimulai dari Kopi Toean pukul 7:30 WIB dan berakhir di GKJ Maguwoharjo pukul 9:15 WIB. Menurut Kepala SMP BOPKRI 3 Yogyakarta Atun Pratiwi, M. PdK., kirab diikuti oleh bregodo Maguwoharjo, Majelis GKJ Maguwoharjo, Pleton Inti SMP BOPKRI 3 Yogyakarta, jemaat di GKJ Maguwoharjo, dan perwakilan mahasiwa UKRIM.

Dalam kirab tersebut setiap wilayah yang ada di GKJ Maguwoharjo mengirimkan gunungan sebagai lambang ucapan syukur. Total gunungan berjumlah tujuh buah, terdiri dari hasil bumi yang berupa sayuran dan buah, peralatan rumah tangga, alat tulis, makanan ringan, dan sembako. Tema yang diangkat dalam Riyaya Unduh-Unduh GKJ Maguwoharjo adalah “Roh Kudus Memperlengkapi dan Menuntun dalam Kebenaran”.

Sebelumnya, peserta kirab dikumpulkan untuk mengikuti acara pelepasan yang dihadiri oleh tamu undangan dari pamong desa dan jajaran aparat keamanan yang berada di wilayah GKJ Maguwoharjo. Dilaksanakan pula pemanenan buah pisang raja dan ketela sebagai lambang unduh-unduh hasil bumi oleh majelis gereja. Pelepasan peserta kirab dilakukan bersama oleh aparat keamanan dari titik kumpul menuju ke GKJ Maguwoharjo.

Selama kirab berlangsung terlihat antusiasme warga sekitar untuk menonton di sepanjang jalan yang dilewati. Tak hanya menonton, warga juga mengabadikan kirab dengan mengambil foto maupun rekaman video. Selama pelaksanaan kirab, isi gunungan yang tersedia dibagikan untuk warga sekitar.

Pleton inti SMP BOPKRI 3 Yogyakarta menampilkan keterampilan dalam gerakan kekompakan sesuai perintah komandan pleton. Mereka melakukan gerakan langkah tegap maju jalan, hormat kanan, lari, dan langkah biasa. Marvel Joshua siswa kelas 9 yang mendapat kesempatan ikut kirab mengaku senang mengikuti kegiatan seperti ini karena membuatnya bisa lebih bersyukur atas karunia Tuhan.

“Pengalaman belajar di luar kelas kali ini memang diharapkan dapat memberikan pengalaman rasa syukur siswa terhadap karunia Tuhan dan agar siswa dapat mengambil sikap yang sesuai dengan ajaran Tuhan,” kata Riana Yogawati sebagai Wakasek Kesiswaan.

Sesampainya di GKJ Maguwoharjo, peserta kirab melakukan flashmob gugur gunung dilanjutkan ibadah memperingati Hari Pentakosta. 

 

    Kirim Komentar

    © Copyright Citraweb Digital Multisolusi All Rights Reserved. Designed and Developed by Developed by Citraweb