Berita

PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMP BOPKRI 3 YOGYAKARTA MELALUI KEMAH PRESTASI

Rabu, 15 Mei 2024 / Berita

SMP BOPKRI 3 Yogyakarta terus melaksanakan pembentukan karakter peserta didik, salah satunya dengan kemah prestasi. Kegiatan ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Gondang 2 Indah, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta pada hari Kamis – Sabtu, 2- 4 Mei 2024.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan sekolah yang diikuti oleh peserta didik kelas 7 dan 8 dengan 8 regu putri dan 11 regu putra. Tema kemah prestasi yang diangkat adalah Mandiri dan Berkarakter. 

 

“Peserta didik dituntut untuk dapat mandiri dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai kebopkrian yaitu kasih, pelayanan, serta intregitas dalam kegiatan kemah prestasi ini. Persiapan dilakukan jauh-jauh hari sehingga pada saat pelaksanaan kemah prestasi semua peserta didik telah siap mengikuti kegiatan dengan baik,” kata Kepala SMP BOPKRI 3 Yogyakarta Atun Pratiwi, M. PdK, Sabtu (4/5). 

Menurut dia, peserta kemah prestasi tergabung dalam beberapa regu penggalang putra maupun putri dan mempersiapkan kemah prestasi dengan penuh semangat. Tak hanya penggalang, Dewan Penggalang pun tak kalah semangat dalam mempersiapkan kemah prestasi. Dewan penggalang merupakan anggota pramuka yang telah terpilih melalui tes kemampuan ketrampilan dan tes tertulis pengetahuan dasar tentang Pramuka. Dewan penggalang bertugas untuk membantu kelancaran kegiatan perkemahan. 

Persiapan yang dilakukan meliputi pelatihan keterampilan kepramukaan, kecerdasan intelektual, pengelolaan emosi, dan spiritual. Pelatihan keterampilan kepramukaan, antara lain mendirikan tenda, membuat gapura, membuat pagar, tali-temali, memasak, membaca sandi pramuka, dan lain-lain. 

“Dengan pelaksanaan kemah prestasi ini, diharapkan anggota penggalang memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan spiritual,“ ungkap kak Septiana Ganeshi, S.Pd selaku salah satu Pembina Pramuka SMP BOPKRI 3 Yogyakarta.

Menurut Waka Kesiswaan Riana Yogawati, S.Si., kegiatan ini bertujuan untuk membuat peserta menjadi pribadi yang mandiri dan berkarakter sehingga mampu menghadapi perkembangan zaman. Setelah kegiatan, diharapkan semua peserta benar-benar menjadi pribadi yang lebih baik. 

Kegiatan hari pertama kemah prestasi yaitu bangun desa permai, pionering, upacara pembukaan, lomba yel-yel, lomba paduan suara, lomba semapur, caraka malam, dan diakhiri dengan renungan malam. Kegiatan api unggun akan dilaksanakan pada hari berikutnya. Pada kegiatan api unggun, Catur Suryo Nugroho S. Psi selaku waka kurikulum memberikan nasihat agar menjadi siswa yang seperti api, mampu menjadi penerang dimanapun berada dan sebagai siswa yang mandiri dan berkarakter harus mampu berproses dalam kemah prestasi. 

Kevin, salah satu dewan penggalang mengungkapkan bahwa kegiatan kepramukaan membuatnya berubah menjadi pribadi yang mandiri dan berkarakter baik. Demikian juga Karissa salah satu peserta kelas 7, mengungkapkan bahwa kegiatan kemah prestasi membuat dia semakin mampu menerima teman dengan segala kekurangan dan menjadikan dia disiplin, berani mengambil keputusan, juga membuat dia semakin mengerti tentang meraih masa depan.

Kegiatan kemah prestasi ditutup pada hari Sabtu (4/5) pukul 09.00 WIB dengan upacara penutupan dengan Pembina Upacara kepala sekolah Atun Pratiwi, M. PdK.

“Selamat untuk siswa SMP BOPKRI 3 Yogyakarta yang telah selesai melaksanakan kemah prestasi Tahun Pelajaran 2023’2024. Setiap siswa diharapkan mampu untuk tampil beda dengan memiliki jiwa kemandirian dan karakter dengan memiliki kasih, integritas dan pelayanan yang tulus,” kata dia. 

    Kirim Komentar

    © Copyright Citraweb Digital Multisolusi All Rights Reserved. Designed and Developed by Developed by Citraweb