Berita

SMP BOPKRI 3 YOGYAKARTA GELAR OPEN HOUSE DAN GELAR KARYA

Senin, 04 Maret 2024 / Berita

SMP BOKRI 3 YOGYAKARTA menggelar acara open house dan gelar karya sebagai sarana pengenalan sekolah kepada masyarakat sekitar dan sebagai wujud apresiasi terhadap setiap karya yang dihasilkan oleh peserta didik dalam kegiatan belajar. Open house dan gelar karya dilaksanakan hari Sabtu, 2 Maret 2024 di Taman Budaya Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan kegiatan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh SMP BOPKRI 3 Yogyakarta.

Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan PPDB yang dimulai dengan pelaksanaan lomba futsal antarSD, lomba esport mobile legends antarSD, dan tryout untuk peserta didik kelas 6 SD. Lomba futsal dilaksanakan hari Sabtu, 24 Maret 2024 di lapangan futsal RRI Pro 2 Yogyakarta dan lomba esport mobile legends dilaksanakan secara online. Sedangkan tryout untuk peserta didik kelas 6 SD dilaksanakan di SMP BOPKRI 3 Yogyakarta pada Minggu, 25 Februari 2024. Lomba mendongeng, lomba story telling, lomba tari kreasi, dan menggambar dilaksanakan pada puncak acara. Kegiatan yang merupakan puncak acara adalah Open House dan gelar karya P5. Gelar karya P5 sebagai implementasi kurikulum merdeka menghasilkan berbagai karya peserta didik yang inovatif dan kreatif.

Open house dan gelar karya tahun ini mengangkat tema bekerjasama sebagai pondasi menyinergikan kreativitas. SMP BOPKRI 3 YOGYAKARTA bekerjasama dengan berbagai pihak dalam pelaksanaan kegiatan open house dan gelar karya. Kegiatan dibuka dengan kirab yang diikuti oleh tamu undangan, bapak ibu guru, dan peserta didik yang mewakili kelasnya masing-masing. SMP BOPKRI 3 YOGYAKARTA menyiapakan satu buah gunungan kecil yang diarak pada saat kirab. Gunungan tersebut berisi berbagai macam makanan kecil dan alat tulis. Gunungan diperebutkan oleh peserta didik dan pengunjung open house dan gelar karya. Dalam sambutannya, kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga kota Yogyakarta, Bapak Budi Santosa Asrori, SE., M.SI menyampaikan betapa pentingnya upaya yang seoptimal mungkin agar peserta didik dapat belajar dengan senang dan bahagia sehingga pembelajaran bisa berjalan baik. Ketua Yayasan BOPKRI Yogyarta, bapak Obed Tripambudi menyampaikan hal yang senanda. “SMP BOPKRI 3 YOGYAKARTA tidak hanya mengembangkan otak kiri namun mengembangkan pula otak kanan peserta didik. Hal tersebut memerlukan dedikasi, konsistensi, dan kesabaran yang tinggi,” jelas bapak Obed Tripambudi.

Tak hanya pameran namun kreativitas dalam bermain musik dan berkesenian yang dipelajari selama di sekolah pun ditampilkan dalam kegiatan ini. Walaupun kegiatan ini merupakan kegiatan agenda tahunan namun tetap berkesan bagi setiap peserta didik. “Kegiatannya seru, asik, mengasah kreativitas, memberikan pengalaman baru, dan capaian yang baru,” kata Joshua dari kelas IXD. Kegiatan dimulai pukul 09.00WIB dan didiakhiri pukul 15.00WIB.

Berbeda dari tahun sebelumnya yang mempersembahkan drama musikal, tahun ini dipamerankan karya inovatf dan kreatif peserta didik. Kegiatan pameran ini membuktikan bahwa peserta didik SMP BOPKRI 3 YOGYAKARTA mampu berkreasi dan berinovasi memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar mereka.

Tak hanya pameran, dalam kegiatan ini dipentaskan pula kecakapan peserta didik dalam bidang seni. Peserta didik mementaskan tari Gambyong, penampilan vokal grup, dan penampilan band. Tari Gambyong dipentaskan sebagai tarian penyambut tamu diawal acara. Vokal grup menyanyikan lagu dengan judul Tanah Airku dan medley lagu daerah. Sedangkan Sankyu Avenune dan Seven Sky Band membawakan lagu berjudul Lampu Merah, Cinderela, dan Seventeen. Tak hanya jago di dalam sekolah, penampilan mereka pun telah mendapat beberapa kejuaraan. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik di SMP BOPKRI 3 Yogyakarta memiliki banyak bakat dan segudang prestasi yang patut diacungi jempol.

    Kirim Komentar

    © Copyright Citraweb Digital Multisolusi All Rights Reserved. Designed and Developed by Developed by Citraweb